mimpi. firasat, kah?


buat sebagian orang, mimpi bisa jadi cuma sekedar bunga tidur, visualisasi apa yang pernah terjadi dan tersimpan di memori yang tanpa sadar muncul di alam bawah sadar. buat sebagian lagi, yang gifted, mimpi bisa jadi sebuah early warning tentang hal2 yang akan terjadi. baik atau buruk.

untuk yang terakhir ini, sebagian orang mungkin ada yang menyikapinya dengan parno, meskipun seharusnya berhati2 saja sudah cukup.

ibu saya, contohnya. sejak saya kecil, setiap kali habis bermimpi tentang hal2 yang dinilainya sebagai ‘firasat buruk’, beliau selalu berpesan kepada anak2nya untuk extra hati2 seharian itu, banyak2 istighfar dan lebih waspada.

bukannya menginginkan firasatnya terbukti, tapi alhamdulillah hingga saat ini seingat saya belum ada hal buruk yang terjadi mengikuti mimpi buruk beliau.

saya? wah, terus terang saya juga nggak tau bagaimana seharusnya menyikapi sebuah firasat lewat mimpi. walaupun beberapa kali pernah mengalami melihat sesuatu lewat mimpi sebelum akhinya benar2 terjadi.

ngeri juga sebetulnya.

akhir bulan lalu saya mimpi tentang sesuatu yang benar2 bikin saya ketakutan setengah mati. mungkin sebagian dari anda pernah mimpi melihat sesuatu yang besar, sangat besar, dan anda mendadak merasa amat kerdil dan nggak berdaya. ketakutan. sangat ketakutan.

malam itu saya mimpi melihat langit di atas saya terutup awan tebal yang bergolak, seperti sedang diaduk2 dan seakan2 bakal jatuh seluruhnya ke bumi. angin bertiup sangat kencang, seperti badai.

di kejauhan saya melihat sesuatu yang amat besar muncul dari dalam tanah. benda itu terlihat sangat jauh dari tempat saya berdiri dan tampak samar tertutup kabut dan debu. tapi tetap terlihat sangat besar dan memandangnya perlahan2 keluar dari dalam bumi membuat saya kaku dan lemas pada saat yang bersamaan. ketakutan.

makin lama benda itu makin terlihat jelas seiring dengan makin tipisnya kabut yang sedari tadi menyelimutinya. makin jelas hingga saya yakin bahwa saya sedang melihat kubah sebuah masjid yang amat besar, keluar dari dalam bumi, diikuti dengan menara2nya. bayangkan saja kubah Taj Mahal yang besarnya ribuan kali lipat.

langit masih gelap, awan masih bergolak, angin masih kencang. saya nggak ingat lagi gimana kelanjutannya.

…dua hari kemudian, tanah sumatera diguncang gempa hebat.

saya nggak mau dan nggak berani menghubung2kan mimpi saya dengan bencana dahsyat yang mengguncang padang dan sekitarnya itu. tapi entah kenapa, rasa takutnya begitu mirip.

pagi ini, saya bangun lagi dengan rasa takut yang sama. melihat sesuatu yang berbeda di dalam mimpi, tapi sama menakutkannya. istri saya bahkan perlu beberapa saat untuk bisa benar2 menyadarkan saya. sampai saat berangkat ke kantor tadi saya bahkan masih sempat refleks menutup mata ketika mendadak bayangan mimpi tadi muncul di pikiran saya.

sekali lagi, saya nggak mau dan nggak berani menghubung2kan apa yang muncul dalam mimpi saya dengan bencana apapun yang sudah, sedang atau akan terjadi.

mungkin saya aja yang sedang kecapekan setelah semaleman begadang. atau mungkin itu potongan scene sebuah film yang tanpa sadar muncul dalam mimpi saya. cuma Tuhan yang tau.

semoga memang hanya bunga tidur yang nggak berarti apa2.

amin.

About these ads

13 thoughts on “mimpi. firasat, kah?”

  1. Mimpi itu 1/30 bagian dari kenabian. Ada kalanya mimpi itu adalah ilham dan ada kalanya itu cuma bunga tidur. Namun mimpi umat Islam itu lebih banyak mendekati kebenaran. Apabila mimpi itu berupa dikatu-takuti oleh sesuatu, atau melihat sesuatu yang mengerikan, maka menurut hadits itu mimpi dari syaithon. Kalau mimpi itu berupa yang indah-indah, pemandangan yang baik, atau kejadian sehari-hari yang biasa dialami, itu adalah bunga tidur.
    Tapi kalau mimpi yang butuh untuk menjelaskan maksudnya, yang tidak difahami maksudnya, biasanya itu adalah pesan. Dan kita nggak bisa mengetahui arti mimpi itu sebelum sesuatu hal terjadi dan itu kita ketahui dari mimpi kita.
    Menurutku, tindakanmu udah benar nggak menghubung-hubungkan. Terkecuali kalau kamu yakin bahwa mimpimu itu benar-benar adalah firasat, ketika dari dasar hati mengatakannya demikian. Aku pernah punya mimpi yang lebih aneh lagi, yang sampai sekarang aku nggak tahu apa ilhamnya, tapi aku jelas merasakan bahwa itu adalah suatu pesan. Beberapa darinya berhasil aku dapatkan jawabannya, beberapa tidak.

  2. udah baca postingnya dari kemaren, gara-gara plurk jadi keangkat lagi, dan jadi keingetan mimpi sekitar seminggu yang lalu yang kejadian beneran …
    yang parah, emang sering mimpinya terasa nyata banget sih. seharian abis mimpi itu tiap inget jantung rasanya diremet-remet. eh … ternyata kejadian beneran :(

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s