Trouble Fitur Show Current Music Track di GTalk – Winamp 5.5


winamp-gtalk.jpg

Koneksi internet di kantor saya divonis sekarat sampai beberapa minggu ke depan. Begitu sih kata mas NOC-nya.

Hari ini kondisi itu akhirnya berpengaruh juga terhadap koneksi ke service Yahoo, termasuk YM. Jadi untuk urusan instant messaging (baca: CHAT) hari ini saya pakai GTalk. Lumayan lah, walaupun kurang terbiasa.

GTalk punya fitur untuk menampilkan lagu yang kita putar di software MP3 player sebagai status message. Dulu fitur ini sering saya pakai, sebelum saya mengenal beberapa plugin Winamp untuk keperluan serupa di YM, seperti YMS Status Changer.

Namun ternyata fitur GTalk ini nggak kompatible dengan Winamp versi terbaru.

Setiap kali saya mengganti status GTalk ke Show Current Music Track, GTalk nge-hang sehingga saya terpaksa ‘membunuhnya’ dengan paksa. Restart GTalk juga nggak menyelesaikan masalah, kecuali kalau Winampnya dimatikan dulu sebelum menjalankan GTalk, dan status GTalk tidak di set ke Show Current Music Track.

Googling sana-sini, ternyata banyak juga pengguna GTalk-Winamp yang senasib. Ada satu solusi yang saya dapat, tapi belum coba karena ribet.

  • Uninstall winamp 5.5
  • Install winamp versi lama (v3.x misalnya)
  • Setelah instalasi winamp, ikuti petunjuk untuk upgrade ke versi 5.5.
  • Download dan install winamp versi baru ini

Ada yang sudah coba dan katanya berhasil. Tapi saya dapat solusi yang lebih simple.

Buat file dengan nama winamp.m3u di folder instalasi Winamp (contohnya, C:Program FilesWinamp). Done. Sekarang fitur Show Current Music Track GTalk bisa menampilkan lagu yang sedang Anda putar di Winamp.

Tapi tentu saja Anda tidak perlu menghadapi keruwetan itu kalau Anda pakai Winamp versi lama :)

O iya, kalau di software multimedia player lainnya gimana ya? Ada yang pernah coba?

9 tanggapan untuk “Trouble Fitur Show Current Music Track di GTalk – Winamp 5.5”

  1. bener banget mas, dulu saya pikir gtalknya error, ternyata hang gara2 pake winamp juga. sempet mau diuninstal tapi gak jadi,

    akhirnya sekarang kalo aplikasi gtalk jalan, saya pake WMP 11, tapi di sini kadang bisa show current music track, kadang enggak (lebih sering enggaknya) *sigh*

Tinggalkan Balasan

