SAMSAT Malang Nggak Lucu


Saya nggak menutup mata terhadap kemajuan2 SAMSAT Malang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Layanan SAMSAT Link, menghilangnya calo di kawasan parkir, dan yang terbaru, SAMSAT Drive Thru, merupakan prestasi SAMSAT yang patut dibanggakan. Tapi ada beberapa aspek yang menurut saya masih harus banyak dibenahi.

Gini ceritanya.

Karena plat nomer saya rusak, untuk sementara saya terpaksa menggunakan plat nomer nggak resmi. Karena itu, Hari Senin kemarin saya ke SAMSAT untuk mengurus pembuatan plat resmi yang baru. Dibantu seorang petugas di loket informasi, saya mendatangi bagian pembuatan plat di bagian belakang SAMSAT.

Tapi saya mendapatkan jawaban yang sama sekali nggak lucu:
SAMSAT kehabisan bahan baku plat.

Heh??

Bukannya hal seperti ini (kehabisan bahan) harusnya sudah diantisipasi, mengingat banyaknya jumlah kendaraan bermotor sekarang? Kenapa bisa sampai kehabisan?

Oke lah, mungkin demand memang sedang tinggi. Tapi setidaknya saya perlu tahu kapan SAMSAT siap dengan bahan bakunya, kan? Supaya saya bisa datang lagi.

“Wah, kalo itu saya juga nggak bisa memastikan, mas…”

Lho… lho… Lha ini koordinasi antara bagian pengadaan bahan dengan bagian produksi gimana sih? Kok hal seperti ini sampai bisa terjadi?

Nggak puas dengan jawaban petugas di bagian pembuatan plat, saya ngadu ke bagian informasi. Jawabannya sama.

“Kita sudah mengantisipasi, tapi masih kehabisan.”

Duh, ngenes. Saya cuma bisa nyengir bego. Masih nggak habis pikir gimana lembaga seperti SAMSAT yang sudah meraih ISO-berapa-saya-nggak-ngerti, bisa kehabisan bahan baku plat, dan lebih buruknya lagi, nggak bisa memberi kepastian kapan bisa siap produksi lagi.

“Berarti kalau nanti saya ditilang karena menggunakan plat nggak resmi, resiko saya, gitu?”

Dan jawaban tanpa solusi berikutnya lebih nggak lucu lagi,

“Ya, sekali lagi kami mohon maaf, mas. Kami nggak bisa berbuat apa2.”

Woo… apa kira2 bapak2 petugas di lapangan yang nilang saya nanti mau dengan senang hati, lapang dada, dan tersenyum manis menerima alasan “SAMSAT kehabisan plat”? Ndak to?

What a joke…

19 tanggapan untuk “SAMSAT Malang Nggak Lucu”

  1. ra-gara plat no belum selesai, aku kena cepek go, nasib……, akhirnya pake plat no bajakan, sehari langsung jadi, padahal g duwe ISO

    Gum: ha!! bener… bener… masa SAMSAT kalah sama bengkel plat tanpa ISO. huh !!

  2. aku gak koment ah sebab yang nulis Tiyang Sae jadi tulisannya juga pasti sae trus yang koment juga sudah banyak dan bagus-bagus. Yang jelas itu bukan “tergantung amal perbuatan” kan ? :)

Tinggalkan Balasan

