Blogger dan Tagline


Waktu jalan2 ke blognya Pak Budi Putra, saya tertarik dengan artikel tentang tagline situs2 luar yang beliau ulas. Rata2 unik dan kreatif. Umumnya memberikan tema/karakter pada isi situs.

Bagaimana dengan blog2 milik blogger Indonesia?

Saya coba menginventarisir dan menginterpretasikan (mampus… jarang2 saya pakai kata2 aneh begini) tagline beberapa blog yang lumayan sering saya kunjungi (meski kadang hanya sebagai silent reader). Buat yang blognya saya sentil, kalau salah memaknai tagline blog Anda, saya mohon maaf. Karena itu mohon diklarifikasi makna tagline Anda sebenarnya di comment form ;))

O iya, sekali lagi maaf. Meskipun sudah berusaha, tapi beberapa entry di bawah malah terlihat seperti review.

  • venus-to-mars: sometimes you have to go a little crazy to stay a little sane
    Kalau dalam falsafah jawanya nih (tssaah… menurut saya lho ini), kira2 begini : “lek ora edan, ora uman” :)). Dan kegilaan2 macam ini yang seringkali membantu kita tetap waras karena sejenak beban kita terlupakan. Err… begitulah.
  • aprikot on thought: I do this and that and enjoy life
    Menikmati hidup itu banyak caranya, dan mbak ini bercerita tentang cara2 unik dalam melakukannya.
  • Mahesa Jenar: Ngupadi keris Nogo Sosro lan Sabuk Inten
    Sumpah sorang tokoh fiktif legendaris dari tanah jawa, Mahesa Jenar, dijadikan judul blog ini oleh Kang Aryo. Tapi tentu saja dia bukan benar2 mau mencari pusaka keris Nogo Sosro dan Sabuk Inten. Makna yang tersirat adalah sebuah janji untuk pulang membawa keberhasilan.
  • Berpikir Merdeka: Merdeka dalam berpikir, berpendapat dan bertindak!
    Tagline diatas menggambarkan kemerdekaan berfikir dan berpendapat pemiliknya. Jadi jangan kaget kalau Anda menemukan postingan2 kritis dan nyeleneh model begini khas Kang Slamet.
  • Iman Brotoseno: living in my viewfinder
    Tag line seperti ini yang saya maksud memberikan identitas kepada pemiliknya. Isi blognya memang nggak melulu mengulas dunia perfilman dan periklanan. Tapi hampir semuanya diulas dari balik lensa seorang sineas (atau fotografer? atau insan periklanan? pak, saya kurang kenal njenengan agaknya :D).
  • cerita kaos: Katakan dengan kaos. Kisahkan melalui blog.
    Taglinenya bagus. Deskriptif dan bertema. Blog ini memang mengupas cerita dibalik kaos. Unik. Kaos memang bisa sama, cerita pemakainya yang beda.
  • Initial – J: Life is Delicious
    Indeed. Jie termasuk blogger yang piawai dalam menunjukkan “the delicious part of life”. Bukan sekedar dengan ulasan mengenai kuliner, tapi juga lifestyle.
  • cakmoki Blog: sharing informatika kedokteran, kesehatan masyarakat dan keseharian
    Tagline Informatif dan sangat mewakili isi blog yang memang bertema kedokteran, kesehatan dan sesekali keseharian beliau.
  • tikabanget: just tikabanget’s chaotic minds
    Saking kebangetan chaosnya, sampai-sampai mbak ini juga nyebar lowongan kerja dengan kriteria nyeleneh.
  • titiw.com: sekedar share, kita kan care…
    Ini juga contoh tagline kreatip, punya rima. Bukan, maksudnya, ini blognya titiw markitiw, tapi taglinenya punya rima.
    Umm… maksud saya…
    Blog ini dikelola 2 orang, Apy dan Titiw. Makanya pakai kata ‘kita’ di taglinenya. Apy sering bagi2 resep kudapan darurat di saat gizi buruk melanda. Sedangkan Titiw, sering bagi2 cerita gila :D

Blog saya sendiri? “Don’t be a threat. Do no evil” (nggak muncul di theme ini)
Sebenarnya nggak begitu cocok disebut tagline. Nggak mencerminkan tema blog ini yang memang nggak ada temanya. Nggak mencerminkan saya, karena itu memang bukan quote saya.

Kalimat itu punya Vint Cerf, vice presidentnya Google, yang dia sampaikan dalam sebuah wawancara. Dan saya hanya berusaha menjadikannya sebagai prinsip hidup.

Bagaimana dengan tagline blog Anda? Mind to share?

update : thanks to Mas Jie dan Mas Nazieb dengan komennya di bawah, saya baru tau kalo “Don’t be evil” itu adalah code of conduct-nya Google, bukan cuma quotenya Vint Cerf.

btw, this could be my post with most links in it :D

16 tanggapan untuk “Blogger dan Tagline”

  1. Walah.. tag line blog saya juga masuk.. tengkyu2.. :P
    Taglinenya Gum mirip2 motto Google Corp : Don’t be evil :)

    Gum: emang nyontek dari situ :D

  2. Mahesa Jenar: Ngupadi keris Nogo Sosro lan Sabuk Inten
    Sumpah sorang tokoh fiktif legendaris dari tanah jawa, Mahesa Jenar, dijadikan judul blog ini oleh Kang Aryo. Tapi tentu saja dia bukan benar2 mau mencari pusaka keris Nogo Sosro dan Sabuk Inten. Makna yang tersirat adalah sebuah janji untuk pulang membawa keberhasilan.

    Aduh Jum, awakmu iku ancene perlu bersosialisasi maneh karo sekitarmu, istilah keberhasilan itu sama sekali tidak tepat… coba kata “keberhasilan” itu diganti dengan “Istri”

    Gum: ya itu maksud saya. berhasil setelah berkali2 gagal *upss*

    BLETAK!!!

    ADUH!!!

    *dilempar parjo pek mug*

  3. Waw.. seneng deh punya temen kayak mas Gum ini yang care sama orang lain, a friend, observer and a good writer! hehehee… Ya.. “sekedar share.. kita kan care..” hehehe..

    Gum: ahahaa.. iyaa, itu juga. *updated*

Tinggalkan Balasan

