Bumi Baru, Rumah Baru?


Beberapa hari yang lalu saya baca berita di koran tentang ditemukannya planet2 baru yg mirip bumi. Telusur2 di internet, dapet ini.

Planet2 ini dijuluki “the super earths” karena mirip bumi, tapi ukurannya jauh lebih besar. Katanya jaraknya sih gak jauh2 amat dari bumi, sekitar 50 tahun cahaya. Bandingkan dengan planet lain di luar tata surya kita yg jaraknya ratusan/ribuan tahun cahaya.

Salah satu planet yg diteliti diklaim sangat mirip dengan bumi. Buat yg merasa bumi udah kelewat padat dan tertarik mau hijrah ke sana, beberapa fakta berikut ini patut dipertimbangkan.

  • Ukurannya 14 kali bumi.
    Asik kan? Nggak ada lagi yg namanya gusur2an waktu mau bikin jalan atau mall.
  • Udaranya tipis.
    Kesempatan buat buka usaha oksigen isi ulang
  • 1 kali ngorbit, cuma 10 hari.
    Jadi bayangin aja berapa ratus tahun usia kita di sana. Setahunnya cuma 10 hari.. Yg susah kalo tinggal di kota yg langganan banjir tahunan, bakal kena banjir tahunan tiap 10 hari.
  • Bakal panas banget, sekitar 900 Kelvin.
    Harusnya manusia bersukur. Di bumi, kita perlu jutaan tahun untuk bisa sepanas sekarang. Di sana udah instan. Kurang apa, coba?
  • Jaraknya deket banget sama ‘matahari’.
    Hmm.. Bang Rhoma bakalan seneng banget nih..
  • Planetnya ‘rocky’.
    Buat penggemar Sylvester Stallone, siap2 ketemu do’i di sana *asli terjemahan ngawur*

Jadi? Kapan mo pindahan? Tapi kayaknya di sana belum bisa blogging deh :D

11 tanggapan untuk “Bumi Baru, Rumah Baru?”

  1. Pindah mrono kabeh gih, aku tak ning bumi ae… Bumi lebih indah tanpa ada kalian-kalian..

    *kabur sebelum ditimpuki orang sekampung*

  2. mending sampeyan dulu aja yang kesana… ntar kalo ndak apa2 alias baik2 saja baru temen lelaki sampeyan yang nyusul, tapi nanti kalo sampeyan sama temen lelaki sampeyan “ada apa-apa” ya mungkin emang jodohnya…

    lha… :p

  3. Fakta2nya itu khas mas Gum banget deh.. gyeheheh.. ah kakak rhoma ternyata juga disebut2 di sini.. Terus cowok2 di film mengejar matahari gak usah capek2 lari buat nangkep doi yak.. udah deket sih.. hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s