Tentang Kaidah Bahasa


Ada sebuah kaidah dalam Bahasa Indonesia yang mentransformasi 2 huruf vokal menjadi 1. Terjadi pada huruf vokal terakhir kata dasar dengan huruf vokal awal sebuah akhiran. Berikut contohnya:

keraton = ke-ratu-an (ua menjadi o)
sesajen = se-saji-an (ia menjadi e)

Nampaknya kaidah ini memang diserap dari bahasa daerah, khususnya jawa. Ada yang tau istilah untuk kaidah ini? Akan lebih baik kalau ada yang bisa memberikan referensi kaidah-kaidah Bahasa Indonesia lainnya.

Nah, tentang kaidah ini, selama ini saya selalu beranggapan bahwa kata ‘buron’ berasal dari kata ‘buru’ dengan akhiran ‘an’. Tapi ternyata di KBBI Daring ‘buron’ dianggap sebagai sebuah kata dasar karena bisa mendapat akhiran.

bu-ron n orang yg (sedang) diburu (oleh polisi); orang yg melarikan diri (krn dicari polisi);
bu-ron-an n buron

Ada yang bisa memberi pencerahan?

6 tanggapan untuk “Tentang Kaidah Bahasa”

  1. Keraton bukannya berasal dari kata Karaton. Dari situlah kemudian muncul pengucapan yang berubah sehingga menjadi kata Kraton.

    gum: tentang bagaimana variasi kata jadiannya, bisa jadi memang seperti itu. tapi menurut saya unsur2nya tetap sama, kata dasar ‘ratu’ diberi awalan ‘ke’ dan akhiran ‘an’

  2. Wah.. situ harus baca bukunya Remy Sylado alias alif danya munsyi mas.. yang judulnya “9 Dari 10 Kata Bahasa Indonesia Adalah Asing”. Pasti situ akan terkaget2.. eh kalo kata “KONDANGAN” tuh dari “ke undangan” gak sih..?

    gum: bisa jadi, tiw. tapi di kbbi daring ‘kondangan’ dianggap satu kata. kasusnya sama kayak buron di atas.

  3. ah, postingan yang menarik ini, mas. bisa menjadi kajian linguistik. sepanjang yang saya tahu, memang ada kecenderungan bagi pengguna bahasa dari kultue etnikjawa utk mempersingkat akhiran -an yang melekat pada kata yang berakhir fonem vokal. saya sendiri kok belum juga menemukan istilah yang tepat utk menyebut gejala ini. mungkin bisa dilacak lebih jauh melalui blog ini http://muslich-m.blogspot.com/

    gum: rekomendasi yang menarik, pak. bakal jadi referensi saya ke depan untuk masalah2 linguistik. terima kasih :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s