Fitur Anti-theft di HP Samsung


Hi, everyone. It’s me again :)

Udah lama nggak update blog. Tapi kejadian barusan bikin saya tergelitik buat nulis lagi.

Ini tentang fitur pelacak di hp Samsung. Entah seri apa saja yang mendukung fitur ini, tapi yang jelas hp CDMA saya terdahulu  (SCH-S299) sudah mendukungnya.

Tentang bagaimana saya bisa tau fitur ini, sebenarnya lebih karena nggak sengaja. Tadi pagi saya dapet SMS dari nomer yang nggak saya kenal dengan isi:

“Mobile Tracker”
Please keep this message.
Sender: Gum

Jelas saya bingung. Hp ini saya kirim ke malang beberapa hari yang lalu karena mau dibeli sama mbak saya. Tapi sepertinya dia nggak akan iseng ngirim sms nggak jelas begitu. Penasaran, saya coba telpon ke nomer GSMnya.

Turns out, hape itu memang udah nyampe ke malang dan dia barusan masang SIM Card baru. Nomernya juga sama dengan pengirim SMS tadi. Tapi dia nggak ngerasa ngirim SMS ke siapapun.

Setelah googling, saya baru ngerti kalau Samsung punya fitur pelacak yang akan aktif saat hp berganti SIM Card. Namanya Mobile Tracker.

Cara kerjanya, user ‘mendaftarkan’ nomer hp alternatif di hp tersebut. Saat hp berganti tangan dan SIM Cardnya diganti, dia akan mengirimkan notifikasi ke nomer alternatif user tadi. Dengan begitu pemegang hp nggak akan sadar kalau nomernya sudah diketahui oleh pemilik asli hp tersebut.

Kalau kasusnya adalah kehilangan atau pencurian, pilihan selanjutnya terserah anda. Call/text the thief/founder and politely asking the phone back (with/without reward), atau melaporkannya ke operator seluler dan polisi.

Fitur ini sederhana tapi menurut saya cukup cerdik, karena hanya memanfaatkan teknologi SMS. Sepertinya sampai sekarang saya belum menemukan fitur serupa di hp lain. Kalaupun ada, mungkin sudah kelewat canggih dengan teknologi yang lebih baru.

Kalau anda pemakai hp Samsung, saya menyarankan untuk segera mengaktifkan fitur ini sebelum anda menyesal saat hp anda raib. Kalau bukan, mungkin anda bisa bagi2 tips anti-theft di kolom komentar :)

32 tanggapan untuk “Fitur Anti-theft di HP Samsung”

  1. dulu pernah pake hape Samsung, tapi skarang udah keranjingan dengan SE :D

    gum: woh, sama… saya juga pake SE. cuma fitur ini terlalu keren untuk nggak dibahas. seandainya SE juga punya yang kayak gini *ngiler*

  2. Wogh.. fitur yang maknyos..

    Eh, tapi bukannya Samsung itu merk TV? :P

    gum: itu diversifikasi usaha namanya. bikin tv, bikin henpon. seperti sony. bikin kamera, bikin celana dalem.

  3. Iya yah kok di SE ndak ada :( kalo aku kupasang phone lock mas, jadi ketika dia ganti simcard, hengponnya kekunci dan ga bisa diakses. Ah tapi ya semoga ndak ilang :mrgreen:

    gum: digembok aja sekalian keypadnya :D

  4. Motorola e398 ku dulu juga fitur ini, tapi bukan bawaannya, tapi harus di modding(oprek dulu)

    gum: iya, sayang fitur ini nggak jadi fitur standar di semua ponsel

  5. Ini cuman Samsung aja yang punya fitur ini? Kalau OS lain seperti Windows Mobile atau atau Symbian bisa nggak pake 3rd party?

    gum: saya sih taunya baru samsung. hape lain yang pernah saya utak-atik sepertinya belum punya fitur ini. kalopun hape2 baru ada fitur serupa, tentunya sudah lebih canggih. cmiiw miaw miaw

  6. Alhamdulillah ya Awloh.. ada postingan baru.. akhir2 ini sepi ki sanak.. orang2 gak ada yg ngeblog dengan asoy. Eh bukan berarti aku bilang situ asoy.. Ah eh ah.. apa sih???!! Intinya.. Agak menyesal karena HPku yg ilang di kereta itu NOKIA.. jadi gak ada notifikasinya deh ye.. Hemph.. memble aje.. untung eike kece.. *ngibriit*

    gum: you made my day :))

  7. masak baru tau?kl ttg fitur pengamanan dan privasi emang samsung kliatannya yg paling ok.selain samsung,LG juga dah ada fitur macem ini kok.beda istilah doang,kl samsung pake nama MOBILE TRACKER, kl LG pake nama ANTI THEFT.

    gum: saya belum pernah pake LG, jadi baru tau kalau mereka juga punya fitur serupa. thanks infonya :)

  8. gw jg punya hp samsung tipe f250,fiturx jg sm.emang enk pk samsung soalnya bisa ngunci semua yang kita mau. seperti pesan,daftar log,pokoknya smua2nya deh.

  9. MANTAPZ!
    Thx Bro! Tp hape SAMSUNGku br keburu ilang persis kemarin. Gmn dunk??!
    Dari jaman kuliah 2003, SAMSUNG mmg pilihanku lho! (saat gini masih smpet ngiklan jg, hix..)
    Kasih saran ya!!

    gum: saran saya, lebih berhati2lah. jangan sampai hp anda yang sekarang juga ikutan ilang :D

  10. yang saya tau itu bukan anti theft tetapi cuma sebagai mobile tracker aja, jadi ga bisa dilacak lokasi keberadaan hp yg ilang.

    Konsep kerjanya adalah kita memasukkan nomor hp tertentu pada fasilitas mobile tracker, jika hp tsb ganti simcard maka otomatis mobile tracker akan mengirimkan message ke nomor yg telah diseting.

    Begitu cara kerja mobile tracker yg saya ketahui. Dan ini hanya ada difasilitas hp selain windows mobile, masih menggunakan os java kalo ga salah

    gum: istilah anti-theft sendiri saya dapatkan waktu browsing di internet. entah itu istilah resmi mereka atau bukan, saya nggak tau. terima kasih sudah mampir dan berbagi, mas :)

  11. fitur2 seperti mobile tracker ato anti thief emg patut diacungi jempol.
    walo qta g bs nglacak lokasi ny, tp setidak ny qta bs trus nghubungi k no yg aktif d hp tersebut. nah klo hp ny dijual,ini jg bermanfaat untuk memperingatkn people agar hati2 wkt beli hp seken, kali z itu barang curian.

  12. nggak usah sedih sekarang dah banyak ko aplikasinya tggl disesuaikan sama tipe and merknya LG jga dah ngeluarin tuh ponsel dengan fitur Anti Theft Mobile Tracker………

  13. BRO,KALO HP KITA DICURI ORANG TRUS DIKASIH KODE KUNCI,GIMANA? BISA NGGAK MOBILE TRACKER NYA NGIRIM SMS KE NOMER ALTERNATIF KITA? KALO PONSEL GA BISA DI BUKA ORANG BERARTI KITA GA BISA NELPON BALIK ORANG ITU/ HP KITA GA BISA NGIRIM SMS MOBILE TRACKER DONK? PLEASE JAWAB GW BUTUH BANGET INFONYA,HAPE GUE ILANG DI CURI ORANG!!

    1. capslocknya rusak ya, mas?

      anyway, hapenya apa? samsung juga? saya kurang tau apakah fitur ini masih bisa jalan di ponsel yang terkunci. lagipula sudah lama saya nggak pake samsung lagi.

      ikut prihatin tentang ponselnya yang hilang

    1. sepertinya makin ke sini makin banyak produsen ponsel yang menerapkan sistem serupa. pada smartphone malah lebih banyak lagi pilihannya karena dibuat oleh pihak ke 3, bukan hanya produsen smartphonenya.

  14. Hpku Samsung Champ GT-C3303i, ku lhat di pengaturan pengamanan memang ada fitur mobile tracker itu di hp ku, tpi ku gak tw cara mengaktifkan dan cara menonaktifkannya. gmna cranya..??

Tinggalkan Balasan

