Bingung Bareng CS


Pagi ini di inbox saya tiba2 ada email dari sebuah perusahaan hosting tempat saya mendaftarkan domain dan menyewa space di sana. Isinya adalah pemberitahuan bahwa domain saya bakal kadaluarsa dalam 60 hari.

Yang bikin saya bingung, isi emailnya begini,

Anda menerima pemberitahuan ini karena Anda belum membayar atau pembayaran Anda belum diproses.

Bila Anda tidak menerima invoice untuk perpanjangan domain, mohon segera menghubungi kami.

Tentu wajar kalau saya berasumsi bahwa ada tagihan yang belum terbayar karena memang belum ditagihkan ke saya, kan? Karena itu saya berinisiatif untuk menghubungi customer servicenya via YM.

Dan berikut ini petikan percakapan saya dengan mas/mbak CS yang bikin saya geli sepagian ini.

saya: selamat pagi

cs : selamat pagi. silahkan

saya: pagi ini saya dapat email tentang Domain Renewal, tapi tagihannya sendiri belum sampai. domain saya *******.web.id

cs : baiklah saya cek domain Anda expired 05/10/2009

Karena format tanggal yang dia cantumkan membingungkan saya dan kuatir memang ada masalah dengan pengiriman tagihannya, saya tanya lagi,

saya: 5 oktober? atau 10 mei?

cs : yaps 10 mei setelah saya cek lagi

Tuh, betul kan? Ternyata yang dimaksud memang 10 Mei.

saya: sebentar. kalau 10 mei, berarti sekarang sudah expired dong? dan sekarang agustus. kenapa Domain Renewal Notice baru saya terima sekarang ya?

cs : makanya saya cek email yang kami kirimkan dahulu.
Nama domain dibawah ini akan kadaluarsa dalam 60 hari. *******.web.id – 05/10/2009
berati masih ada waktu dua bulan dari sekarang
tagihan baru akan ada 20 hari sebelum tanggal 5/10/09
jadi email yang anda terima hanya semacam email pemberitahuan saja untuk mengingatkan doamin anda akan expired dua bulan lagi

Saya jadi tambah bingung. Sebelumnya dia bilang domain saya sudah expired sejak bulan Mei. Lalu kenapa sekarang dia bilang email tadi hanya pemberitahuan tentang domain yang akan expired 2 bulan kemudian?

Sayapun mencoba memastikan lagi.

saya: “sebelum tanggal 5/10/09” itu maksudnya 5 oktober atau 10 mei?

cs : 20 hari lagi => bereti cek tagihan sekitar pertengahan bulan september kalau saat ini tagihannya belum ada

Wah, message saya nggak nyampe sepertinya :D

saya: wait. yang saya tanyakan, “sebelum tanggal 5/10/09” itu maksudnya 5 oktober atau 10 mei?

cs : pak kami menganut sistem penaggalan indonesia. jadi tanggal/bulan/tahun jadi domain anda expired 5 oktober 2009

saya: kalau ikut sistem penanggalan indonesia, kenapa tadi anda bilang
“cs: yaps 10 mei setelah saya cek lagi”
saya kan bingung

cs : yaps makanya
(08:14:08 AM) cs: makanya saya cek email yang kami kirimkan dahulu =>
ini kan saya cek lagi. dan setelah saya cek domain anda expired 5 oktober

saya: dan bukan 10 mei?

cs : yaps

saya: ok. thanks

:))

Walaupun sepele, ada 2 kekeliruan yang seharusnya nggak perlu terjadi dan berpotensi membingungkan klien.

  1. Kalau memang hanya berupa pemberitahuan bahwa dalam 2 bulan ke depan domain klien akan expired, seharusnya jangan cantumkan kalimat ini

    Anda menerima pemberitahuan ini karena Anda belum membayar atau pembayaran Anda belum diproses.

    karena klien pasti berpikir ada tagihan yang belum terbayar/terproses. Seharusnya katakan saja secara eksplisit bahwa email tersebut hanya sekedar pengingat dan tagihan akan dikirim sebelum tanggal kadaluarsa. TITIK.

  2. Tanggal dalam bentuk digit akan selalu membuat orang bertanya2 tentang format tanggal yang benar. Apa susahnya sih mengganti output tanggal di baris program dengan date(‘j M Y’) atau date(‘j F Y’) agar format tanggalnya menampilkan nama bulan? Jangankan klien, CSnya aja bingung :))

*ketawa guling2*

6 tanggapan untuk “Bingung Bareng CS”

  1. barangkali perlu memang, ya, seleksi menjadi cs yang lebih oke….
    dari fungsinya, kan, membantu pelanggan dan bukan membingungkan pelanggan :P

    gum: betul :D

Tinggalkan Balasan

