Google Me


Bukan, saya bukan mau membahas isu tentang situs social network milik Google yang katanya bakal jadi saingannya Facebook itu. Yah, meskipun idenya memang muncul gara2 saya nyasar waktu googling tentang itu.

Ini tentang sebuah proyek iseng seorang bernama Jim Killeen yang googling namanya sendiri dan menemukan ada banyak Jim Killeen lainnya di seluruh dunia. Tidak berhenti di situ, dia lantas membuat film dokumenter tentang pengalamannya menemui orang2 ini dan kini videonya tersedia di amazon.com.

Bukan ide baru, sebenarnya. Dari sini saya menemukan bahwa hal serupa pernah dilakukan oleh seorang komedian asal Inggris, Dave Gorman, di tahun 2000 silam. Tapi biar begitu lucu juga kalau kita sekedar iseng nyari “siapa aja sih yang berbagi nama yang sama dengan kita” di google atau facebook.

Narsis? Sebetulnya wikipedia punya penjelasan lebih tepat untuk ini :

“Egosurfing (also called vanity searching, egosearching, egogoogling, autogoogling, self-googling, or simply Googling yourself) is the practice of searching for one’s own given name, surname, full name, pseudonym, or screen name on a popular search engine, to see what results appear”

Saya pernah googling nama asli saya dan menemukan seorang ilmuan di bidang perikanan dan kelautan. Kalau anda? :)

Trailer Google Me The Movie

10 tanggapan untuk “Google Me”

  1. permisi, oooommm (worship)

    hasil googling nama lengkap gue sesuai akte kelahiran:
    #1: linkedin (I don’t even know what this is hahaha)
    #2: profil fb gue. damn.
    #3: link ke komen status temen di fb. untung komen yg serius (haha)

Tinggalkan Balasan

