Masyarakat Mencela, Media Memberitakan


Banyak yang menyalahkan media saat berita tentang penyelidikan video mesum artis tempo hari terus-terusan diangkat, termasuk saya.

Dari sekian banyak itu, rata-rata mereka beralasan media hanya cari sensasi dengan mengeksploitasi ketenaran artis yang sedang tersandung kasus kontroversial, tak ubahnya seperti program-program infotainment dengan kualitas berita dangkal tak bermutu, demi rating atau pageview.

Sebagian lainnya kuatir terlalu dieksploitasinya berita kasus kontroversial semacam itu akan meyebabkan anak-anak dan pelajar makin penasaran, “mencari tahu” penyebabnya, bahkan sampai mencoba.

Jadi benarkah semua salah media?

Padahal kalau mau jujur, antusiasme masyarakatlah yang menyebabkan media terus-menerus membahas berita itu. Masyarakat butuh berita kontroversial nggak penting. Mereka butuh bahan ejekan, figur yang bisa dicela dan dimusuhi bersama. Timeline Twitter dan wall Facebook akan sepi dan jadi nggak asik lagi kalau nggak ada bahan guyonan dan celaan.

Ini kenyataannya, hadapilah. Dan jangan melulu menyalahkan media. Karena selama media masih melihat antusiasme masyarakat terhadap berita2 itu, babak baru akan selalu ada.

7 tanggapan untuk “Masyarakat Mencela, Media Memberitakan”

  1. Aku benci sama fenomena beberapa jam terakhir ini. Aktivis media sosial dulu pernah menyalahkan media seperti stasiun TV dan portal berita sebagai penyebab kontroversial yang gak penting ini berlanjut.

    Lalu sekarang apa? Malah dibahas dan diperpanjang di twitter? Apa bukan standar ganda itu namanya?

    Kalo memang mau nyalahin media ya silakan. Ada bagian dimana media juga memang salah. Tapi paling enggak mulai dong dari diri sendiri, gak usah ikut memperpanjang kontroversi. Diemin aja.

    Kalo gak ada demand, gak ada supply kan?

    1. nah, itu. kenyataannya para aktivis media sosial itu sendiri kan yang punya peran menghangatkan dan menyebarkan berita2 semacam ini?

      ebtw, +100

      :D

  2. Betul. Orang jadi punya figur untuk dicela, sehingga mereka seakan-akan terlihat suci dan bersih.. Ah kebetulan aja bukan video elu yg ketauan tong! :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s