Custom Signature di Gmail


Yang saya tunggu-tunggu nongol juga. Gmail akhirnya mengijinkan pemakaian signature berbeda untuk beberapa account email. Eh, bingung maksudnya? Gini.

Di Gmail kita kan bisa ngirim email pakai alamat lain, selama email itu masih milik sendiri. Contohnya, email kantor dan email pribadi bisa dikirim dari satu account Gmail. Coba liat punya saya.

Saya mendaftarkan 4 alamat email ke account gmail saya, gum.jazzaddict@gmail.com. Dengan begitu saya bisa memilih alamat email mana yang digunakan di kolom From setiap kali saya membuat email baru.

Masalahnya, dulu di Gmail hanya bisa pakai 1 signature. Repot kan kalau harus ngirim email pribadi dengan signature email kantor, atau ngirim email kantor tapi isi signaturenya alamat blog, account facebook, twitter dan plurk? Kalau di-follow sama orang kantor, gimana? *eh

Nah, gara2 keterbatasan ini,  saya selalu berusaha menggunakan signature global, yang netral dipake di lingkungan kantor atau pertemanan. Tapi temen2 saya jadi nggak ngerti alamat blog saya, account2 social media saya, dsb. Dan sebaliknya, para kolega juga nggak dapet informasi berguna dari signature saya.

Tapi ternyata sekarang bisa! Coba masuk ke setting signature Gmail. Sekarang bukan hanya signaturenya bisa menggunakan Rich Text format, tapi tiap account email bisa punya signature sendiri2. Tinggal pilih account email dari combo box dan ganti signaturenya. Keren!

Saat membuat email baru, signature akan berubah sesuai alamat email yang Anda pilih dari kolom From.

Buat saya ini keren dan berguna banget :D

9 tanggapan untuk “Custom Signature di Gmail”

    1. betul, saya juga. sejak pertama kali pakai fitur ‘send mail from another address’ di gmail, saya sudah memimpikan fitur ini. sukurlah sekarang ada. walopun rada telat sih kalo menurut saya :D

Tinggalkan Balasan

