Tips Menulis Blog


Salah satu tujuan menulis di blog adalah menyampaikan gagasan. Namun bagaimana gagasan Anda bisa diterima (atau minimal dibaca) pengunjung blog kalau Anda tidak menuliskannya dengan baik?

Di blognya, Masim “Vavai” Sugianto menuliskan 7 tips dalam menulis artikel di blog agar tulisan Anda mudah diikuti dan enak dibaca. Beberapa di antaranya (yang sering dilupakan penulis blog) adalah panjang artikel, pengaturan alinea dan kesalahan ketik, termasuk tanda baca.

Artikel yang terlalu panjang tentu akan membuat pengunjung berpikir dua kali untuk mulai membaca. Saya pribadi berusaha untuk tidak membuat tulisan yang terlalu panjang, kecuali memang banyak ide yang ingin disampaikan di situ. Kalaupun harus menulis panjang lebar, saya rasa lebih baik membaginya ke dalam beberapa postingan.

Selalu pisahkan topik-topik tulisan Anda dalam alinea-alinea yang tidak terlalu panjang agar mudah diikuti. Jika alinea dirasa terlalu panjang, pisahkan dengan kata-kata penghubung seperti “selain pertimbangan diatas, hal lain yang patut dipertimbangkan adalah…”

Perhatikan juga kesalahan pengetikan dan penggunaan tanda baca. Saya sendiri selalu menyusun tulisan di program teks editor atau pengolah kata terlebih dulu. Setelah saya cek ulang dan yakin tidak ada kesalahan ketik, baru saya pindah ke editor di blog. Gunakan juga fitur preview sebelum tulisan tersebut Anda publish. Kalaupun sudah di-publish dan masih ada kesalahan pengetikan yang terlewat, jumlahnya tidak akan terlalu banyak dan masih wajar untuk diedit.

Tips lainnya, termasuk penggunaan ilustrasi gambar dan penggunaan link, dapat Anda baca sendiri di blog beliau.

Selamat ngeblog (lagi)
:)

23 tanggapan untuk “Tips Menulis Blog”

  1. Ooom Gum #siap2 dikeplak lage :P

    aiih anuh.. soal panjangnya tulisan… er… :P
    itu sulit dibendung, kalo nulis ngalir aja… gimana ya?
    Bagi bbrp postingan?
    Nah boleh deh dikasih tips2nya mas
    Tuuuh udh manggil mas tuh :D jgn dikeplak yah ;)

    salam,
    Eka

    1. menurut saya panjang/pendek tulisan itu sebenanrnya tergantung pambacanya. selama mereka bisa mengikuti, apalagi tulisan2nya memang ditunggu, kenapa nggak?

      tapi hal lain seperti pengaturan alinea tentu harus tetap diperhatikan supaya tulisannya tetap enak diikuti meskipun panjang.

      semoga dik eka bisa menulis lebih baik lagi ya :)
      *ditendang*

  2. Beuh.. kalo si mbak Eka mah emang rajanya.. eh ratunya nulis panjang tuh. hihihi.. Maksudmu selamat ngeblog (lagi) tuh apaaa??!!! Hahaha.. yang jelas sih bukan untuk aku yang posting blog seminggu 3 kali kan..? ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s