[Twit Sae] Tentang Puasa

Edisi Twitsae kali ini menampilkan twit dari seorang Ulil Abshar Abdalla. Beberapa pesannya di twitter mungkin hanya bisa dinikmati oleh follower beliau di twitter (dan beberapa yg menerima RT). Beruntung (atas persetujuan beliau) saya diperbolehkan membaginya untuk Anda di sini.

selama ini, kita sering dengar himbauan untuk menghormati orang yg sedang puasa. yg tidak puasa juga perlu kita hormati. mutual respect lah. tidak perlu ada sweeping warung2 yg buka selama bulan puasa. tp, warung yg buka jg sebaiknya hormati yg puasa jg. sama2 enak kan :)

sebetulnya, jujur aja ya: tujuan pokok bulan puasa sdh lama dilanggar. setiap bulan puasa tiba, angka inflasi selalu naik. artinya apa ini? kalau angka inflasi naik selama ramadan, artinya: belanja umat islam naik pd bulan itu. katanya “puasa”, tp malah konsumeristik. aneh kan?

yg “menjengkelkan”: semua stasiun TV selama bulan ramadan ini membanjiri kita dg acara agama sebulan penuh. soal rating aja ini kan? :)

puasa itu mestinya ibadah individual, sifatnya vertikal dg Tuhan. ga perlu rame2. liat aja tradisi puasa kita selama ini kayak apa :). puasa mestinya “silent devotion to GOD”, bukan “a parade of rituals”. puasa itu tindakan “sufistik”, bukan “politik kesalehan”. just a tickling question: apa gunanya puasa, tp prilaku kita di jalan raya ngga berubah, ugal2an dari dulu, ngga ada “ethics of restraint”?

ada dua jenis puasa: pertama, “puasa-politik”, isinya pencitraan belaka, rame2 buka puasa, makan2, tarawih, dsb. lbh banyak pamer :). yg kedua, “puasa pietistik”, puasa yg cenderung diam, tak dipamer2kan, reflektif, menghayati makna etika pengendalian diri. ini lbh penting. lihat acara2 agama di TV selama puasa, kesan saya kayak “sinetronisasi agama” saja :) dangkal dan tumpul!

dlm hadis qudsi yg terkenal: al-shaumu li wa ana ajzi bihi. puasa itu tertuju khusus padaKU, dan AKU lah yg akan mengganjarnya. makna hadis qudsi yg saya kutip itu: puasa itu tindakan individual yg “sepi”, bukan ritual sosial yg rame2. mestinya momen refleksi.

Semoga bisa menjadi renungan bagi kita semua. Sekali lagi, selamat menunaikan rangkaian ibadah ramadan :)

Disalin langsung dari twit Ulil Abshar Abdalla dengan beberapa perbaikan pengetikan.

2 tanggapan untuk “[Twit Sae] Tentang Puasa”

Tinggalkan komentar