[Twit Sae] Tradisi Salah Kaprah


Dari tahun ke tahun, masih ada saja yang beranggapan bahwa ucapan “Minal Aidin Wal Faizin” bermakna “Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Kesalahkaprahan yang sudah mentradisi ini disebabkan seringnya kedua ucapan tersebut disandingkan dalam berbagai kesempatan.

Di sini dijelaskan, sejatinya “Minal Aidin Wal Faizin” adalah versi pendek dari sebuah doa yang lebih panjang. Karena merupakan doa yang diucapkan kepada sesama muslim ketika selesai menunaikan ibadah puasa, rasanya aneh kalau dia digunakan secara luas dalam setiap ucapan selamat Idul Fitri, terlebih oleh mereka yang nggak menjalankan ibadah puasa.

Saya memang nggak punya sumber yang menjelaskan kata “Lebaran” secara etimologis. Tapi yang jelas “Lebaran” adalah kata dasar yang mengacu pada Hari Raya Idul Fitri, bukan kata jadian dari kata dasar “lebar”. Namun tentu sah2 saja kalau ada yang menjelaskan filosofi lebaran sebagai bentuk membuka pintu maaf selebar2nya di hari lebaran.

Untuk yang menjalankan ibadah puasa, semoga Allah menerima amalan kita sebulan kemarin, dan semoga kita memang termasuk orang2 yang kembali suci dan memperoleh kemenangan. Selamat Hari Raya Idul Fitri :)

Selamat berkumpul bersama keluarga bagi yang mudik, semoga selamat hingga kembali ke tempat aktivitas nanti. Bagi warga Jakarta yang nggak mudik, selamat menikmati lengangnya Jakarta, while you can, seriously.

Mohon maaf lahir dan batin :)

7 tanggapan untuk “[Twit Sae] Tradisi Salah Kaprah”

    1. betul mas. tapi akan lebih baik kalau secara perlahan kita ikut memberi sedikit pencerahan. mumpung durung kadung. tsah, berima :D

      salam balik, mas.
      btw, makasih tempo hari ikut meramaikan kopdar lebaran :)

    1. motivasinya satu sih tiw, nyari bahan tulisan dari twitter. biar blog nggak kosong2 amat :))
      map lahir batin ya, tiw. Dan minal aidin walfaidzin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s