Penjelasan Redaksi Panjang Yaaa


Salah satu berita di detik hari ini. Kadang penjelasan redaksi memang perlu untuk memberikan konteks yang lebih luas dari sebuah kutipan. Tapi kalau kutipannya terlalu singkat seperti itu, kenapa nggak sekalian dibuat kalimat tidak langsung aja?

Misalnya, kalimat langsung di atas diubah jadi kalimat tidak langsung seperti ini: “Kapolres Depok Kombes Ferry Abraham membenarkan peristiwa tersebut saat dihubungi wartawan, Selasa (19/4/2011)”

Untung nggak dibikin seperti ini: “Iya betul (ada debt collector meninggal dunia bernama Helmy Yohanes Manuputi berusia 34 tahun yang tewas akibat dianiaya nasabahnya yang diduga anggota TNI berinisial R)”, kata Kapolres Depok Kombes Ferry Abraham saat dihubungi wartawan, Selasa (19/4/2011).

:))

3 tanggapan untuk “Penjelasan Redaksi Panjang Yaaa”

  1. itu penjelasan redaksi yang panjang dan tetep dibuat kalimat langsung ada maksudnya lho, salah satunya adalah tetap bertujuan agar berita yang dibuat tetap berimbang dan terasa hidup karena ada kutipan langsung.

    lagipula, itu kan penjelasan redaksi hadir karena biasanya narasumber suka pelit ngasih jawaban. padahal maksudnya ya yang dimaksud redaksi itu. nah, daripada nanti ditulis kutipan langsung tanpa penjelasan yang bisa menimbulkan ambigu, akan lebih baik jika diberikan penjelasan.

    demikian.
    *jadi komen panjang*

    1. kalimat tidak langsung nggak lantas membat sebuah tulisan kehilangan kesan “berimbang dan hidup”-nya kok. justru kutipan yang kelewat sedikit itu jadi kurang makna kalu tetap ditampilkan. toh redaksi tetap memberi penjelasan.

      tentang narasumber pelit, redaksi bisa saja kan menjelaskannya dengan kalimat seperti “Kapolres membenarkan kejadian itu namun menolak memberi informasi lebih lanjut”.

      etapi itu menurut saya aja sih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s