Mengelola Email di Gmail Menggunakan Filter


Akun gmail saya terdaftar di berbagai milis, meskipun nggak semuanya saya baca setiap saat. Tapi jangan ngebayangin inbox saya penuh sehingga email2 penting malah tenggelam. Saya pakai Filter dan Label di gmail untuk mengelompokkan email yang masuk dan “menyembunyikannya” dari inbox, tapi tetap bisa saya akses dengan memilih label yang saya inginkan.

Caranya nggak susah kok. Misalnya saya menjadi anggota milisyangitu@yahoogroups.com dan grupyangini@googlegroups.com yang jumlah emailnya per hari gila2an, karena membernya pada doyan ngejunk. Maka langkah2 yang saya ambil supaya email dari kedua milis itu nggak bikin penuh inbox adalah:

  1. Klik link Create a Filter yang letaknya di atas, di sebelah kanan kolom pencarian.
  2. Memasukkan kriteria berikut ini di bagian Has the words
    list:(milisyangitu.yahoogroups.com OR grupyangini.googlegroups.com)
    Iya, itu pakai titik dan bukannya karakter @, formatnya memang seperti itu. Kriteria pencarian email dari milis semacam ini lebih akurat daripada berdasarkan subject atau nama pengirim. Bisa juga lho kriteria itu dicoba di kolom Search Mail. Panduan lebih lengkap dalam menggunakan fasilitas advance email search di gmail bisa dibaca di sini
  3. Klik Next Step
  4. Aktifkan Skip the Inbox (Archive it)
    Nah, di sini yang penting karena dengan mengarsip, maka email2 dengan kriteria tadi nggak akan muncul di inbox. Gampangnya, mereka “disembunyikan”.
  5. Aktifkan Apply the label lalu pilih label yang diinginkan atau buat label baru.
    Misalnya, untuk dua milis ini saya membuat label baru bernama “Milis”.
  6. Aktifkan Also apply filter to xxx conversations below
    Kalau diaktifkan, maka filter akan diterapkan pada semua email. Kalau nggak, filter hanya akan diterapkan pada email2 baru. Karena tujuan saya adalah supaya inbox saya bersih (termasuk dari email2 lama), maka saya memutuskan untuk mengaktifkannya.
  7. Klik Create Filter
    Dan tunggu gmail bekerja.

Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, maka saya akan mendapati inbox saya bersih karena semua email dari 2 milis tadi sudah disembunyikan. Untuk melihatnya, saya tinggal memilih labelnya di sebelah kiri.

Saya juga nggak perlu kuatir layanan push mail akan mengirim email bertubi2 ke Blackberry saya, karena yang dikirim hanya email yang ada di inbox, bukan di arsip.

Semoga berguna :)

10 tanggapan untuk “Mengelola Email di Gmail Menggunakan Filter”

  1. thanks, jyum. masalahnya, agak2 dilema buat aku sih. halaaaah :))

    milis yang itu, pengennya aku gak ketinggalan kalo ada apa2. dan biasanya kalo udah buka email di PC males aja buka2 milis. tapi kalo semua2 disedot ke mobile device, lama2 yo mangkel e, ratusan sehari. *salahmu dewe, mbok*

    idealnya sih, milis cuma dipake untuk share yg penting2 aja. jangan ngejunk lah biar gak menuh2in inboxku. *sopo koen kok ngatur2, mbok?* *dibanned*

    suwun :))

  2. nice inpoh :D
    eh tapi mas’e, setingan ini berlaku untuk next incoming emails aja yah?
    maksud saya, imel-imel yang sebelumnya dari milis itu ga bisa langsung otomatis masuk ke label yang sudah kita buat ya? hehehe *ngarep*

Tinggalkan Balasan

