Wireless Driver HP Mini 210 di Ubuntu Lucid


Tadi malam saya selesai menginstall Ubuntu 10.04 Lucid Lynx di netbook HP Mini 210 yang baru saya beli buat mbak saya. Prosesnya berjalan lancar dan seperti biasa bisa langsung digunakan tanpa harus install driver ini itu.

Sampai tadi pagi saat saya bawa ke kantor. Ternyata wirelessnya belum bisa digunakan. Padahal saya perlu install beberapa aplikasi seperti usb-modeswitch supaya modem 3G saya bisa dipake.

Setelah tanya sana-sini, salah satu teman kantor memberi link ke situs wiki ubuntu. Di situ dijelaskan bagaimana mengatasi masalah driver wireless di netbook, khususnya netbook HP. Saya cukup menjalankan 2 perintah ini di terminal :

sudo apt-get update
sudo apt-get --reinstall install bcmwl-kernel-source

Setelah proses instalasi selesai dan komputer restart, wireless bisa langsung digunakan.

Begitulah Ubuntu. Asal ada koneksi internet dan mau cari tau, semua bisa dilakukan sendiri. Lagipula hampir semua aplikasi sudah disediakan dan tinggal pake.

Eh, tapi sekarang saya justru bingung. Untuk mbak saya yang awam dan sekedar perlu laptop buat online ngawasin dagangannya, apakah Ubuntu ini pilihan yang tepat ya? Karena nantinya netbook ini bakal saya kirim ke Malang dan di sana nggak ada yang ngajarin.

Menurut Anda gimana?

9 tanggapan untuk “Wireless Driver HP Mini 210 di Ubuntu Lucid”

    1. dari awal saya memang sengaja pilih yang non-OS pak. bawaannya win7 starter. bedanya lumayan, 300an. padahal budget yang dikasih ke saya masih harus dipake buat beli modem 3G.

      tadinya udah mau diinstal xp bajakan :))
      saya malah udah bikin installernya di usb. tapi gagal terus waktu nginstall, nggak tau kenapa :p

  1. Nggak diridhoi pake os bajakan tuh :-P eniwei, yang dikhawatirin apa? Takut modemnya nggak bisa dipake? Dibuatin shell otomatis aja… :-D kalau di laptopku sih, kadang ga maunyala itu wifi nya.. trus cuma pake sudo rfkill unblock wifi :lol:

    1. secara umum sih kuatir kalau ada masalah apapun di ubuntu, cha. mbak saya itu awam dan seumur2 cuma pernah make windows. kalau mendadak dipaksa pakai ubuntu, kuatir kebingungan dan di rumah nggak ada yang bisa bantu :D

Tinggalkan Balasan

