Launchy: Gantinya Gnome Do di Windows


Gnome Do
Gnome Do, launcher di Linux

Untuk satu alasan, saya akhirnya (harus?) pakai Windows lagi. Sejenak saya mesti meninggalkan kenyamanan menggunakan Gnome Do di Ubuntu yang sangat membantu saya menjalankan berbagai aplikasi tanpa harus memindahkan jari2 dari keyboard.

Benarkah? Nggak juga.

Tadi iseng2 saya googling “Gnome Do for windows” dan baru tahu bahwa Anda bisa memiliki Gnome Do di Windows Anda. Tapi tentu saja butuh usaha ekstra dan agak ribet karena harus instal ini-itu dulu.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan Launchy. Nggak jauh beda dengan Gnome Do, Launchy menghemat waktu Anda menjalankan aplikasi atau membuka dokumen tanpa harus repot klak-klik start menu atau buka explorer.

Launchy
Launchy, gantinya Gnome Do di Windows

Anda tinggal set kombinasi tombol keyboard yang digunakan untuk mengaktifkan Launchy dan kemudian mengetikkan nama aplikasi/dokumen yang ingin Anda buka. Fitur auto-completenya juga sangat membantu, sehingga Anda tidak harus mengetikkan nama aplikasi/dokumen dengan lengkap.

Buat mereka yang banyak bekerja dengan keyboard dan merasa agak ribet kalau harus sesekali menggunakan mouse, aplikasi launcher semacam Gnome Do atau Launchy ini sangat membantu. Apalagi kalau bekerja dengan laptop, tanpa mouse, dan Anda nggak jago2 amat pake trackpad :D

6 tanggapan untuk “Launchy: Gantinya Gnome Do di Windows”

  1. Saya keknya dulu pernah pake software ini, tapi segera uninstall lagi. Soalnya sebagian program yang saya pake tipe standalone (tidak diinstal), jadi gak ke-detect sama Launchy. Males utak-atik.. :lol:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s