Google Chrome Extension: Search by Image


Saya sering menemui kasus penggunaan foto tanpa ijin di blog atau website. Ada yang protes, ada juga yang merelakan. Tapi bukan itu inti postingan ini.

Kerap kali penggunaan foto tanpa ijin baru diketahui setelah ada laporan dari orang lain, jarang yang diketahui sendiri oleh pemilik foto. Lagian cari tahu foto kita dipake di mana aja itu agak2 rempong sih. Saya pernah iseng nyari foto “jalan ijen malang” dan menemukan foto jepretan saya nongol di berbagai blog/website. Kalau kita punya sekian banyak foto di media penyimpanan online, repot kan googling satu2.

Search by Image memudahkan proses itu dengan melakukan googling menggunakan foto yang Anda pilih. Coba saja instal, kemudian buka gallery foto online Anda. Lalu klik kanan salah satu foto dan pilih Search Google with this image dari context menu yang muncul.

Saya barusan nyobain untuk foto Ijen Boulevard saya yang ada di sini. Dan hasilnya? Banyak! :))

Kalau Anda fotografer yang biasa mempublikasikan karya Anda di Internet tapi nggak mau ada yang make karya Anda sembarangan, extension ini kayaknya cocok deh. Samperin satu2, tagihin royalti :))

Eh tapi itu kok yang nongol di halaman pertama pencarian foto saya tadi…. ah, sudahlah :))

Lho.. kok?? =))

8 tanggapan untuk “Google Chrome Extension: Search by Image”

  1. bukaaan XD
    sepertinya keyword “malam” otomatis di-gennerate oleh google dari halaman2 web yang menggunakan foto saya. kalo “pertama”-nya sih nggak tau :|

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s