Google Chrome: Menonaktifkan Pencarian Berbasis Lokasi. Bisakah?


Pengguna Chrome di Indonesia (termasuk saya) pasti sempat bertanya2, “kenapa saat melakukan pencarian di Google dengan memasukkan langsung kata kunci pencarian di address bar, Google selalu menampilkan hasil pencarian dari google.co.id dan bukannya hasil pencarian global dari google.com”.

Jawabannya adalah, karena Google memiliki fitur location-based customization. Tujuannya sih, katanya, untuk memberi kita hasil pencarian yang lebih relevan berdasarkan deteksi lokasi kita oleh Google.

Pengguna yang menginginkan hasil pencarian global dari google.com (bukan regional dari google.co.id) tetap bisa mengklik link Google.com in English di bagian bawah. Tapi kadang tetap terasa merepotkan. Ya nggak, sih?

Google.com in English
Google.com in English

Meski fitur location-based customization ini dianggap nggak terlalu diperlukan (setidaknya oleh pengguna, bukan oleh Google), Google sendiri menyatakan bahwa fitur ini nggak bisa dinonaktifkan.

“The customization of search results based on location is an important component of a consistent, high-quality search experience. Therefore, we haven’t provided a way to turn off location customization…”

Solusinya, menurut Google, adalah

“If you find that your results for a particular search are more local than what you’re looking for, you can set your location to a broader geographical area (such as a country instead of a city, zip code, or street address).”

Dari penjelasan Google tersebut, saya sih menilai fitur ini diperlukan oleh Google, bukan pengguna. Menurut Anda gimana? Atau Anda punya tips menampilkan hasil pencarian global kalau pencarian dilakukan langsung dari address bar Chrome?

12 tanggapan untuk “Google Chrome: Menonaktifkan Pencarian Berbasis Lokasi. Bisakah?”

  1. Sebenarnya fitur ini dibutuhkan pengguna sih. Kalo nyari lokasi pijahat kan lebih relevan kalo alamat yang keluar adalah yang paling dekat dengan lokasi kita di gugel dibanding pijahat Chicago. Hanya memang, tidak tiap pengguna butuh fitur ini dan tidak tiap saat juga. :|

    Solusi dengan sekali klik AFAIK gak ada. Either 1] hasil dari address bar chrome (enter), lalu klik go to gugel.com, atau 2] buka dulu gugel.com (enter) lalu masukkan pencarian (enter). Selalu 2 kali. Kalo ada yang punya tips hasil pencarian dari address bar langsung global, saya juga berminat sekali… ;)

    1. iya, selama ini juga 2 cara itu yang saya gunakan.

      local search seperti landmark atau lokasi bisnis memang akan lebih akurat. tapi kalau pencarian seperti cara2 troubleshoot, tips pemrograman dan semacamnya, saya lebih prefer hasil pencarian global.

      1. Kalau itu sih sampe jadi kakek-kakek nggak bakalan berubah.
        gini. di chrome. opera nggak tahu, nggak pake. opera is piece of s**t.

        1. pilih bing sebagai default search engine (ikutin aja)
        2. hapus google.com dari daftar
        3. bikin search engine baru, kasih nama apa saja, keyword apa saja, dan masukkan ini: http://www.google.com/search?q=%s di bagian ‘URL blablaba’ itu.
        4. ubah search engine baru jadi default search engine
        5. tutup options
        6. ketikkan ‘ahmad saiful muhajir’ di address bar

        gitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s