Menghilangkan Bloatware di Motorola Droid X


Sekadar berbagi pengalaman.

Semalam akhirnya sukses mengenyahkan tumpukan bloatware dari Droid X. Metodenya, seperti yang dijelaskan psouza4 di sini, adalah dengan menjalankan script yang mengubah ekstensi nama file aplikasi-aplikasi bloatware tersebut di /system/app/ (tentu dengan hak akses root).

Usaha pertama nggak begitu sukses karena ternyata beberapa aplikasi bloatware belum sukses dihilangkan dari app drawer. Tentu saja, karena metode itu sebetulnya ditujukan untuk Droid 3, sementara Droid X memiliki perbedaan di beberapa nama aplikasinya.

Dengan modal 10% riset dan 90% nekat, hasil modifikasi script dengan menambahkan beberapa nama file aplikasi yang belum ada akhirnya saya jalankan. Berikut daftar nama aplikasi yang saya tambahkan:

amazonmp3_1.8.32_signed_zipligned.apk
Kindle-OEM-2.0.5.103970165-20110202.apk
Madden.apk
NewBayVault_Market.apk
NewsWidget.apk
NewsWidget.odex
Skype_mobile.live.apk
VCast.apk
vzw_vnav_DROIDX_rel_PROD_signed.apk

Usaha kedua pun sukses, bloatware2 tersebut berhasil lenyap. Sekarang rasanya Droid X saya lebih “bugar” karena bebas dari proses kinerja yang nggak perlu.

Btw, kondisi Droid X saya saat script tersebut dijalankan adalah:

Kalau Anda juga berniat menghilangkan bloatware dari Droid X Anda, saya sarankan Anda baca dulu penjelasan psouza4 tentang cara kerja script tersebut. Lalu gunakan script2 yang sudah saya modifikasi kusus untuk Droid X berikut:

DROID 3 remove & restore bloat 5 6 890-mod-DroidX.zip

Semoga membantu :)


Catatan :

Meskipun saya nggak menemui kendala saat menggunakan script2 tersebut, tapi saya tetap nggak bisa menjamin kondisi Droid X Anda saat proses atau setelah menjalankan script Bloatware Removal ini.

Segala resiko silakan ditanggung sendiri ya, seperti halnya saya yang menanggung resiko saat pertama kali menjalankan script asli :D

5 tanggapan untuk “Menghilangkan Bloatware di Motorola Droid X”

    1. gitu deh, mesti rajin nge-charge. nggak boleh sampe ketinggalan charger kalo ke kantor. masih belum tau juga apa yg bikin batre draining cepet bener kaya gini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s