Tentang Mood Kerja


Ada beberapa hari dalam satu minggu saat produktivitas kerja saya sangat tinggi dibanding hari2 lainnya. Kadang sampai kepala terasa panas karena dipakai berpikir terlalu keras. Saya malah ngebayangin kepala saya lagi berasap kalau sedang seperti itu. Nggak browsing, iseng milih lagu, ngintip timeline atau baca milis sedikitpun. Fokus hanya ke pekerjaan.

Tapi sayangnya hari2 nggak produktif saya dalam seminggu biasanya juga banyak. Kalau sudah begini, bukan saja saya mudah terdistraksi oleh hal2 sepele, kadang saya justru mencari2 distraksi itu.

Bukannya memulai kerja, saya bakal browsing sana-sini. Feed dari situs2 yang saya ikuti lewat Google Reader saya lahap semua. Nggak jarang saya refresh2 sampai muncul feed baru.

Atau mendadak saya merasa perlu untuk merapikan isi hardisk, me-rename file2 hasil unduhan dan memisahkannya sesuai filetype. Atau ngetwit sesekali dan menghabiskan setengah jam berikutnya nungguin balesan atau retweet. Lalu ngetwit lagi. Lalu mantengin timeline lagi. Begitu seterusnya.

Sampai akhirnya saya tersadar waktu sudah menunjukkan jam 3 sore. Dan saya pun bekerja? Nggak. Coffee break, of course.

Yeah, sometimes I’m that useless.

Terus terang saya sering bingung. Sebetulnya saya bisa jadi sangat produktif, hanya perlu trigger yang tepat. Masalahnya sampe sekarang saya nggak yakin apa triggernya. Ujung2nya saya cuma bisa nyalahin mood.

Btw, ada yang suka menjanjikan reward buat diri sendiri kalau bisa dapet achivement tertentu? Misalnya, selesai satu tulisan, baru boleh bikin kopi. Atau, kelar satu modul, baru boleh makan siang. Sebelum persyaratan yang Anda bikin sendiri itu tercapai, ya Anda nggak boleh dapet reward (yang juga Anda tentukan sendiri).

Saya pernah sih beberapa kali nyoba ngasih reward tiap kali kelar satu item di to-do list. Tapi nggak selalu berhasil. Self discipline saya kurang banget kayaknya ya. Jadinya meskipun udah bikin peraturan “kelarin satu kerjaan dulu, baru bikin kopi”, kalo mood kerja lagi nggak dapet, ya saya tetep aja bikin kopi. Ish…

Punya tips untuk menjaga mood kerja tetep bagus? Bagi2 di kolom komentar ya :)

7 tanggapan untuk “Tentang Mood Kerja”

    1. Eh lupa… kasi saran biar mood selalu terjaga ya.. Ngg, kalo saya udah kena kejadian kek diatas, artinya saya lagi bosan tingkat tinggi, berarti tinggal diilanging aja bosannya, biasanya saya tinggal jalan-jalan keliling kantor :))

Tinggalkan Balasan

