Tentang Menjadi Produktif dan Terorganisir


I’m a highly unorganized person. There, I admitted it.

Seringkali saya berada dalam situasi di mana ternyata banyak hal yang tertinggal dan belum selesai saya kerjakan. Servis motor, bayar tagihan2, isi pulsa, benerin keran air, ambil laundry, menyelesaikan proyek pribadi. Hal2 semacam itu. Dan ketika saat itu datang, saya bingung mana dulu yang harus saya selesaikan. Bahkan nggak jarang saya kehilangan arah. Mana yang sudah saya kerjakan? Mana yang belum?

Tapi penjelasan David Allen ini membuat saya mulai tercerahkan. Intinya, sediakan waktu 1-2 jam saja dalam seminggu untuk me-review semuanya. Dari hal2 kecil sampai komitmen2 besar.

Apakah dalam 1-2 jam itu kita berusaha mengejar ketertinggalan dengan menyelesaikan semuanya? Nggak juga. Seperti yang dijelaskan di situ,

“…this isn’t a time for you to actually do anything, just a review, as the name implies”

Lalu saya berpikir, mungkin akan sangat dahsyat hasilnya kalau metode ini digabung dengan “bekerja secara produktif selama 4 hari saja dalam seminggu“. Bisakah?

Hmm.. semoga.

Anda punya tips sendiri untuk meningkatkan produktivitas dan menjadi lebih terorganisir? Boleh lah dibagi di kolom komentar :)

3 tanggapan untuk “Tentang Menjadi Produktif dan Terorganisir”

  1. kalo berdasar “ajaran” kedua orangtua saya, disiplin dan konsisten itu bisa karena biasa. jadi, dibiasakan saja untuk disiplin dan konsisten, dengan cara melakukannya lagi, dan lagi, dan lagi dengan waktu/cara yang sama. nantinya juga kalo ga kita lakuin bakal ngerasa “gatel” kenapa ga bisa disiplin/konsisten.

    sementara itu, kalo kata salah satu ustad saya dulu, caranya adalah dengan memiliki niat atau azzam yang kuat. dulu, dia ngajarinnya gini.. tiap kali mau ngelakuin sesuatu, niatkan dalam hati.. “AYO LAKUKAN!”

    well.. terlepas dari siapa yang lebih benar, tapi keduanya memang ampuh sih.. seenggaknya, buat saya.. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

