Pecel Ayu, Kalibata

Sego Pecel Unite


Di Jawa Timur, menemukan penjual nasi pecel sama sekali bukan perkara sulit. Di pinggir jalan, di stasuin atau terminal, di pasar, penjual pecel bisa dengan mudah Anda temukan. Tapi di Jakarta, nasi pecel bisa dibilang barang langka. Kalaupun ada, rasanya juga #yagitudeh. Yang enak pun harganya seringkali nggak bersahabat karena sudah masuk restoran atau rumah makan, meski nama tempatnya ada embel2 ‘warung’, ‘kampung’, ‘desa’ atau istilah2 (yang dianggap) eksotis lainnya.

Karena itu bisa menemukan pecel enak (dan juga murah, tentunya) di Jakarta adalah anugerah. Dan selama di Jakarta, saya baru menemukannya di dua tempat. Yang pertama ada di Jalan Raya Pondok Kelapa, tempat tinggal saya saat masih numpang mertua, dan di dekat Kampus STEKPI Kalibata. Yang terakhir ini saya temukan secara nggak sengaja saat jalan kaki dan mengambil rute lain ke kantor.

Dari Taman Makam Pahlawan Kalibata, jalan saja ke arah Kampus STEKPI, lalu belok kiri masuk ke (yang menurut Google Map) Jalan Duren Tiga Timur. Beberapa puluh meter dari situ, Anda akan menemukan gerobak penjual pecel yang mendirikan tenda di sebelah kanan jalan.

Pecel Ayu, Kalibata

Saya biasa mampir sekitar jam 8 atau 9 pagi dalam perjalanan ke kantor. Jadi saya kurang tau jam buka/tutup resminya. Tapi yang saya tau, hari minggu pagi Anda nggak akan menemukannya di situ, karena lokasi tersebut jadi tempat pasar kaget dan penjual pecel mesti mengungsi ke dekat fly over Kalibata, agak jauh dari situ.

Harga seporsi nasi pecelnya saja mungkin hanya sekitar 6 atau 7ribu. Dengan tambahan aksesoris berupa telor ceplok, tempe goreng tepung dan tahu isi, total kerusakan Anda cuma 10ribu.

Terpujilah penemu nasi pecel!

Ok lah, mungkin memang bukan pecel terenak di Jakarta. Tapi setidaknya terenak yang bisa saya temukan. Dan seperti yang saya bilang, ini adalah anugerah mengingat mencari pecel yang “beres” di Jakarta itu susah.

Ah, andai saja ada pecel di 7-Eleven atau Circle K, jadi nggak jauh2 kalau mendadak pingin makan pecel.

Anda di Jakarta dan punya rekomendasi penjual pecel yang murah dan enak lainnya? Boleh dibagi di kolom komentar :)

Update: menurut penjualnya, dia buka dari jam 6 pagi hingga sekitar pukul 3 sore.

5 tanggapan untuk “Sego Pecel Unite”

  1. saya nemuin ada di Jajan Babe di Tanjung Barat. disana ada lumayan enak. dan saya kurang tahu harga sekarang berapa.kalo sekitar tahun 2012, masih harga 8rb.

Tinggalkan Balasan

