IMG_20130521_111956

Ultrabook Terbaru Samsung: Mobility in Style


Pilihan produk bagi Anda yang menginginkan ultrabook premium kini semakin banyak karena Samsung baru saja mengeluarkan dua varian ultrabook terbarunya, Samsung Series 7 Ultra dan The New Series 5 Ultra.

IMG_20130521_122257
Ivan Hudyana (Head of IT Product Marketing), Sung Khiun (IT Business Director) dan Firmansyah Is Nursal (Product Manager Samsung NotePC) memperkenalkan 2 varian Samsung Ultrabook terbaru.

Series 7 Ultra yang baru pertama kali diluncurkan di Indonesia ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas sangat tinggi, sedangkan The New Series 5 Ultra yang merupakan peningkatan dari seri ultrabook sebelumnya, ditujukan bagi pengguna yang lebih menginginkan performa dengan grafis yang lebih baik dan media penyimpanan lebih besar.

Firmansyah Is Nursal, Product Manager Samsung Note PC Samsung Electronics Indonesia, membeberkan semua kelebihannya di hadapan media pada tanggal 21 Mei kemarin di XXI Lounge Plaza Senayan, termasuk bagaimana produk ultrabook terbaru ini memiliki hampir 90% komponen yang diproduksi sendiri oleh Samsung (seperti LCD panel, baterai, SSD dan RAM) untuk menjamin kualitasnya.

IMG_20130521_123533
Presentasi produk oleh Firmansyah Is Nursal, Product Manager Samsung NotePC  Samsung Electronics Indonesia.

Mari kita lihat satu persatu “awesome factors” yang membuat kedua varian ultrabook ini, well… awesome, juga testimoni dua public figure yang sudah menggunakan Samsung ultrabook series: Angga Puradiredja, vokalis sekaligus produser Maliq & D’Essentials dan Poltak Hotradero, Head of Research Indonesia Stock Exchange.

Premium built quality

Dengan melihat makin banyaknya konsumen ultrabook yang mencari produk premium, Samsung meluncurkan desain yang stylish dengan bobot sangat ringan (sekitar 1.5kg) dan ketebalan hanya sekitar 17 milimeter. Bahkan Series 7 dibalut dengan alumunium chassis yang makin memberi kesan premium.

MIRANDA-13HT_013_Dynamic01_Bare Metal
Tampilan premium Samsung Ultrabook Series 7 yang berbalut alumunium chassis

Dedicated Graphic Card

Tidak banyak Ultrabook yang menggunakan dedicated graphic card untuk meningkatkan performa grafisnya. Demi memberikan experience lebih ketimbang sekadar menonjolkan mobilitas, tidak tanggung-tanggung Samsung melengkapi ultrabooknya ini dengan dedicated graphic card. Series 7 memiliki AMD Radeon™ HD 8570M Graphics dengan 1 GB DDR3, dan Series 5 memiliki performa lebih tinggi dengan AMD Radeon™ HD 8750M Graphics 2 GB DDR3.

Dengan dedicated graphic card sekelas ini, memainkan game yang membutuhkan dukungan hardware grafis prima atau menonton film beresolusi tinggi menjadi sangat nyaman. Ini diakui langsung oleh Angga, pengguna The New Series 5 yang mewakili kalangan muda yang kreatif dan penyuka game. Menurutnya, experience saat memainkan game Pro Evolution Soccer terbaru di Series 5 setara dengan console yang responsive dan bebas lag.

Meski menggunakan chipset yang dipersiapkan untuk performa grafis tinggi, Series 7 dan Series 5 tetap mampu menekan penggunaan energi dengan secara otomatis berpindah ke integrated graphic saat performa grafis yang tinggi sedang tidak dibutuhkan, sehingga menghemat konsumsi baterai.

Video klip terbaru Maliq & D’essential dengan kualitas high resolution diputar di layar Full HD Series 7
Video klip terbaru Maliq & D’essential dengan kualitas high resolution tampak memukau saat ditampilkan di layar Full HD Series 7

Stunning Display

Seri ultrabook terbaru Samsung ini memiliki superior display quality menggunakan layar Full HD dengan viewing angle hingga 178 derajat baik horizontal maupun vertikal berkat teknologi IPS display pada layar anti-reflectivenya. Membuatnya mudah dilihat dari berbagai sudut dan bebas dari pantulan cahaya baik di dalam maupun di luar ruangan.

Superbright display dengan tingkat kecerahan hingga 350 nit menghadirkan gambar yang cerah dan tajam.

Viewing angle yang lebar membuatnya tetap dilihat dari berbagai sudut
Tetap jelas dilihat dari berbagai sudut berkat viewing angle yang lebar dan layar anti-reflective

Premium sound quality from JBL Speaker

Samsung melengkapi Series 7 dan Series 5 dengan JBL Stereo Speaker yang menghasilkan sound lebih kaya dibanding merk speaker lain yang digunakan kompetitornya. Sebagai musisi, Angga mengakui kualitas sound yang dihasilkan oleh JBL Speaker dari layer-layer instrumen musik yang sangat jelas terdengar. Dalam kondisi full volume, JBL Speaker juga masih menghasilkan kualitas sound yang solid dan tidak pecah dibanding speaker di notebook lain.

JBL Speaker menghadirkan sound yang lebih kaya dari speaker notebook lain
JBL Speaker menghadirkan sound yang lebih kaya dari speaker notebook lain

Rapid Response Time

Pada seri ultrabook terbaru ini, response time diperbaiki dengan waktu booting kurang dari 8 detik dan wakeup dari hibernate sekitar 2 detik. Sangat membantu dalam melakukan quick presentation karena hardware dapat meresponse dengan sangat cepat.

High Mobility and Battery Life

Poltak Hotradero, pengguna produk Series 7 Ultra menceritakan bagaimana mobilitasnya dalam bekerja menuntutnya memiliki perangkat all day computing yang dapat bergerak bersamanya tanpa harus dibatasi oleh daya tahan baterai dan repotnya membawa charger.

Samsung Seris 7 Ultra menjawab kebutuhannya itu, bahkan membuatnya beralih dari merk lain yang sudah digunakannya selama 10 tahun. Ini berkat daya tahan baterai Series 7 Ultra yang mampu memberikan kinerja hingga 8 jam dalam pemakaian normal.

Dia juga menjelaskan bahwa umumnya setelah 1000-1500 cycle (kurang lebih 3 tahun), performa baterai laptop akan menurun drastis. Namun teknologi battery-life cycle Samsung membuat umur baterai jauh lebih panjang, sehingga setelah 3 tahun performa baterainya masih sekitar 70% dibandingkan baterai baru.

Poltak Hotradero dan Angga Maliq & D’Essentials menceritakan pengalaman menggunakan ultrabook terbaru Samsung
Poltak Hotradero dan Angga Maliq & D’Essentials menceritakan pengalaman menggunakan ultrabook terbaru Samsung

Samsung SideSync

Inilah yang jadi primadona dalam acara peluncuran Ultrabook Samsung terbaru tempo hari. Samsung SideSync sejatinya adalah pengembangan dari aplikasi Samsung Kies sebelumnya, yang memudahkan pengguna smartphone, khususnya seri Galaxy S3 dan S4 untuk dapat melakukan sinkronisasi ponselnya ke notebook.

Ada fitur auto backup and recharging, yang apabila diaktifkan akan otomatis melakukan backup file-file di smartphone ke dalam notebook sementara ponsel di-charge saat ditancapkan. Foto dan file-file multimedia di smartphone akan dapat Anda lihat langsung di notebook dengan lebih nyaman dan lega. Content sharing dari notebook ke smartphone dan sebaliknya menjadi jauh lebih praktis.

Lalu ada pula keyboard and mouse sharing, di mana mouse dan keyboard bisa digunakan di notebook dan smartphone sekaligus. Ini sangat berguna saat Anda harus mengakses smartphone sementara Anda sedang menggunakan notebook.

Yang harus Anda lakukan hanya menggeser kursor ke luar layar notebook dan masuk ke layar smartphone. Iya, kursornya akan muncul di layar smartphone dan Anda bisa melakukan click dan drag layaknya operasi mouse pada notebook. Saat itu juga keyboard notebook dapat digunakan untuk mengetik di smartphone seperti membalas SMS atau chat.

Yang tak kalah menariknya adalah fitur phone screen sharing. Anda bisa mendapatkan tampilan virtual smartphone Anda, dengan segala fungsinya, di layar notebook. Operasi mouse dan keyboard pada tampilan virtual ini dapat Anda lihat juga secara langsung pada smartphone aslinya. Anda bisa membuat doodle di tampilan virtual tersebut, mengambil screenshotnya dan otomatis akan tersimpan dalam smartphone.

Samsung SideSync benar-benar menghadirkan experience PC in mobile, mobile in PC.

Mouse dan keyboard juga dapat digunakan secara penuh.pada tampilan virtual layar smartphone menggunakan phone screen dan mouse and keyboard sharing.
Mouse dan keyboard dapat digunakan untuk mengoperasikan smartphone pada tampilan virtual menggunakan phone screen dan mouse and keyboard sharing.

Saat ini koneksi dari smartphone ke notebook menggunakan SideSync baru bisa dilakukan melalui perantara kabel data, namun tidak lama lagi akan segera mendukung koneksi wireless.

Berikut adalah video yang menjelaskan penggunaan Samsung SideSync.

Lalu mana yang sebaiknya Anda pilih?

Kalau Anda adalah orang yang mengutamakan mobilitas tinggi dan menginginkan ultrabook yang benar-benar Premium, Series 7 Ultra adalah jawabannya. Layar 13.3” Full HD, premium built (bahkan kabarnya mendapat pengakuan sebagai satu-satunya ultrabook premium, langsung dari Intel), daya tahan baterai yang prima serta response time yang tinggi berkat SSD 128 GB di dalamnya, serta dukungan konektivitas yang tinggi (termasuk VGA port, jenis konektor yang masih sangat banyak digunakan pada proyektor) akan sangat mendukung aktivitas Anda yang mobile dan kerap kali melakukan presentasi di luar kantor.

Tapi kalau Anda lebih mementingkan performa, dengan layar 14”, performa grafis yang lebih tinggi serta kapasitas penyimpanan yang lebih besar (HDD 500 GB), Anda mungkin akan langsung melirik The New Series 5 Ultra. Game-game ukuran besar dan file-file multimedia high definition tentu akan mendapat ruang yang cukup lega.

Tertarik? Kabarnya kedua seri ultrabook ini akan segera hadir pertengahan Juni 2013 mendatang dengan kisaran harga Rp 8,8 juta untuk Series 5 dan Rp 12 juta untuk Series 7. Varian touchscreennya juga akan segera diluncurkan tidak lama lagi, guna meningkatkan experience user dalam menggunakan Windows 8.

Series 5 akan tersedia dalam pilihan warna Ebony Black dan Garnet Red, sedangkan Series 7 tersedia dalam warna Bare Metal dan Mineral Ash Black.

8 tanggapan untuk “Ultrabook Terbaru Samsung: Mobility in Style”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s