Kecelé

kecele/ke·ce·le/ /kecelé/ a cak dalam keadaan tidak mendapat (menemukan, memperoleh) apa yang diharapkan (diduga, dicari, dan sebagainya)

https://kbbi.web.id/kecele

Satu pagi di atas kereta Jakarta-Malang, saya terbangun mendengar sayup2 suara dari speaker ponsel penumpang di hadapan saya. Rupanya dia sedang nonton sesuatu. Nggak jelas apa yang dia tonton, tapi saya mendengar seseorang berbicara dalam bahasa Arab.

Saya lirik jam di ponsel saya, masih subuh. Orang ini mungkin baru saja menunaikan salat subuh dan sedang menonton ceramah agama di YouTube atau semacamnya, pikir saya. Seketika saya salut. Usianya masih muda, tapi memilih menghabiskan waktu dengan hal bermanfaat ketimbang main game, mendengarkan lagu, atau sekrol2 timeline.

Karena kantuk masih menggelayut, saya memutuskan untuk kembali memejamkan mata. Tapi karena makin lama nada bicara penceramah berbahasa Arab tadi makin tinggi, kantuk saya hilang, berganti jadi rasa penasaran dengan topik kajian yang dibahas, yang sedemikian seru sehingga membuatnya berbicara menggebu2. Bahkan saya bisa mendengar riuh sambutan para penontonnya.

Saya sempat membayangkan ceramah menggebu2 ini dilakukan di lapangan terbuka di hadapan setidaknya ratusan orang.

Tapi rasa penasaran itu kemudian terjawab ketika akhirnya saya mendengar “penceramah” tadi berteriak lantang,

“GOOOOOOL! YA ALLAAAAH! YA ALLAAAAH! GOOOOL!”

Rupanya sedari tadi saya mendengarkan ocehan komentator bola berbahasa Arab. Karena sungkan, saya ngakaknya dalam hati aja.

Ada yang pernah kecelé juga seperti saya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s